Wednesday, February 8, 2017

Dari 8 Tipe Cinta Menurut Psikologi Di Bawah Ini, Ternyata Friendzone Juga Termasuk Salah Satu Di Antaranya!

“You know you’re in love when you can’t fall asleep because reality is finally better than your dreams”
– Dr. Seuss.        

Source: https://id.pinterest.com/pin/467389267563891641/

Menurutmu cinta itu apa sih, Dear? Mencintai itu sesuatu yang bagaimana sih, Dear? Lalu apasih bedanya antara cinta dan sayang? Rasanya tak ada habisnya jika berbicara tentang cinta. Pahit manis, asam asin, dan bermacam-macam rasa lain dapat dirasakan hanya karena cinta. Ketika cinta mulai datang, seseorang juga akan mengalami kondisi emosi yang bervariasi. Senang, senyum-senyum sendiri karena membayangkan doi, seakan-akan setiap harinya berjalan dengan sempurna, terkadang mendadak sedih karena dilanda rindu, kemudian menangis karena sangat ingin untuk bertemu, dan yang lainnya. Sangat menakjubkan ya, Dear?

Well, jika seseorang diberikan pertanyaan mengenai apa saja tipe-tipe cinta, maka jawabannya akan bermacam-macam. Cinta monyet, cinta mati, cinta pandangan pertama, cinta lama bersemi kembali, atau istilah cinta yang lainnya. Dalam psikologi pun juga dibahas bahwa tipe cinta memang tak hanya satu, Dear. Salah satu tokoh psikologi bernama Robert J. Sternberg mengemukakan bahwa terdapat delapan tipe cinta yang dibahas dalam The  Triangular Theory of Love miliknya. Kira-kira tipe cinta yang ada dalam hubunganmu dengan doi ada di nomor berapa ya, Dear?

Source: https://id.pinterest.com/pin/491103534347865822/

Berdasarkan the triangular theory of love milik Sternberg, komponen utama dalam cinta dibagi menjadi tiga, antara lain: Intimacy (kedekatan), Passion (ketertarikan), Decision/commitment (komitmen). Nantinya, ketiga komponen ini akan berkolaborasi membentuk delapan tipe cinta. Dalam setiap tipenya, bisa terdapat satu hingga tiga komponen. Untuk lebih jelasnya, yuk simak tabel di bawah ini, Dear!

Source: https://s3.amazonaws.com/classconnection/894/flashcards/6315894/png/sternberg's_triangular_theory-1490B65B7152B2C968D.png

1. Nonlove
Seperti yang bisa dilihat pada tabel di atas, tidak terdapat satu komponen pun yang terdapat di dalam tipe cinta ini. Maka dari itu, tipe cinta ini disebut nonlove.

2. Liking
Tipe cinta ini hanya terdiri dari satu komponen yaitu intimacy, Dear. Jadi di dalamnya terdapat hubungan yang dekat, adanya emotional support dan terdapat kasih sayang dan kehangatan. Biasanya hubungan yang ada pada tipe cinta ini adalah persahabatan. Kamu merasa nyaman berteman dengannya, namun tidak terdapat ketertarikan atau komitmen jangka panjang.

Source: https://id.pinterest.com/pin/509469776579014656/

3. Infatuated Love
Passion, adalah satu-satunya komponen yang terdapat pada tipe cinta yang satu ini, Dear. Tipe ini merupakan bahasa psikologi dari “cinta pada pandangan pertama”. Bisa bayangkan bagaimana jatuh cinta pandangan pertama, Dear? Yap, kamu merasakan adanya ketertarikan secara fisik dan/atau seksual. Namun, tipe cinta ini akan cepat memudar karena tidak adanya kedekatan secara emosional dan komitmen jangka panjang.

Source: https://id.pinterest.com/pin/343258802832720956/

4. Empty Love
Serupa tapi tak sama, tipe cinta yang ini juga hanya mempunyai satu komponen yaitu commitment, Dear. Biasanya tipe cinta ini dapat terjadi pada awal hubungan (misalkan karena dijodohkan), yang mana belum berkembangnya ketertarikan dan kedekatan secara emosional, serta bisa juga terjadi pada hubungan yang telah berlangsung lama, dimana rasa ketertarikan dan cinta sudah mulai memudar. Seakan cinta segan putus pun tak mau.

Source: https://id.pinterest.com/pin/379991287293599619/

5. Romantic Love
Terdapat dua kombinasi dalam tipe cinta ini antara lain intimacy dan passion. Inilah tipe cinta yang bahasa gaulnya “friendzone”. Hayo... apakah salah satu dari kamu sedang menjalani tipe cinta yang satu ini, Dear? Secara umum memang terdapat ketertarikan secara fisik pada si doi, sekaligus juga adanya rasa saling menyayangi. Satu-satunya yang tidak ada dalam tipe cinta ini adalah, komitmen. Cukup nyesek ya, Dear?

Source: https://id.pinterest.com/pin/556335360203796606/

6. Companionate Love
Pada tipe cinta ini, terdapat komponen intimacy dan komitmen. Justru pada tipe ini passion (ketertarikan fisik/seksual) sudah mulai memudar. Walaupun begitu, pasangan yang menjalani tipe cinta ini masih merasakan kedekatan emosi yang hangat dan mempertahankan komitmen. Biasanya pasangan pada tipe cinta ini sudah menikah cukup lama. Yeah, tipe cinta ini dapat berlangsung lama dan memuaskan lho, Dear.

Source: https://id.pinterest.com/pin/341781059199537707/

7. Fatuous Love
Kini, giliran intimacy yang tidak terdapat pada tipe cinta ini. Di dalamnya hanya terdapat passion dan komitmen. Pasangan yang menjalani cinta ini hanya berkomitmen atas dasar ketertarikan seksual saja. Namun, tidak terdapat kemauan untuk mengembangkan kedekatan secara emosional (intimacy) untuk hubungan yang lebih stabil.

Source: https://id.pinterest.com/pin/467248530075797440/

8. Consummate Love
Ini dia satu-satunya tipe cinta yang terdapat tiga komponen lengkap di dalamnya. Terdapat intimacy, passion dan komitmen. Tipe cinta ini dianggap ideal karena pasangan di dalamnya mengalami kedekatan secara emosional, terdapat ketertarikan fisik dan seksual sekaligus komitmen jangka panjang. Sternberg sendiri menjelaskan bahwa lebih sulit untuk mempertahankan tipe cinta ini daripada mencapainya. Karena apabila salah satu komponen mulai berkurang, ia akan berganti pada tipe cinta yang lain.

Source: https://id.pinterest.com/pin/309481805630037236/

Last but not least...

Tipe-tipe cinta ini tidak akan tetap itu-itu melulu, Dear. Seiring berjalannya waktu, kamu dan pasangan bisa jadi akan mengembangkan intimacy dan passion, atau muncul komitmen untuk yang saat ini masih dalam friendzone. Cinta itu bisa muncul kapan saja, tapi ingat, mempertahankan lebih sulit daripada mencari yang baru, Dear.

“Passion is the quickest to develop, and the quickest to fade. Intimacy develops more slowly, and commitment more gradually still.”
– Robert J. Sternberg, The Triangular Theory of Love.

References


Justin, J. A. (2016). Ini loh, tipe-tipe cinta menurut Sternberg!. Diakses melalui http://pijarpsikologi.org/ini-loh-tipe-tipe-cinta-menurut-sternberg/.

Sternberg, R. J. (1986). A triangular theory of love. Psychological Review, 93, 119-135.

Sternberg, R. J. Duplex theory of love: Triangular Theory of Love and Theory of Love as A Story. Diakses melalui http://www.robertjsternberg.com/love/.


Wikipedia. Triangular theory of love. Diakses melalui https://en.wikipedia.org/wiki/Triangular_theory_of_love.

No comments:

Post a Comment